Filled Under: ,

OPEN TRIP WISATA SEKITAR BANYUWANGI (PANTAI PULAU MERAH , DJAWATAN BENCULUK, AIR TERJUN JAGIR)



 Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi pariwisata berbasis ekowisata dan sustainability development. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan penunjang perekonomian daerah. Beberapa destinasi wisata mengalami penurunan jumlah pengunjung yang disebabkan oleh pengelolaan serta pemantauan jumlah wisatawan tidak sepenuhnya tercatat. Pengembangan potensi wisata Kabupaten Banyuwangi dapat dilakukan dengan menghubungkan setiap destinasi wisata menjadi sebuah rute perjalanan yang dikemas ke dalam suatu paket wisata.

Open trip s merupakan sebuah perjalanan wisata dengan melibatkan beberapa orang yang tidak saling kenal dalam satu kelompok. Meskipun dalam satu kelompok ada yang tidak saling kenal, tapi trip seperti ini banyak peminatnya karena harganya lebih terjangkau. Kemudian saat perjalanan,  tinggal mengikuti arahan dan agenda yang sudah dibuat pihak jasa penyedia open trip. Jadi,  tidak perlu bingung setelah ini ingin melakukan apa dan pergi kemana saat berwisata. 

Ada Kelebihan dan Kekurangannya mengikuti Open trip ini antara lain : Kelebihan open trip:Harganya lebih terjangkau , Jadwal perjalanan sudah jelas, Lebih praktis karena segala hal sampai makan dan transport sudah diatur. bisa mendapatkan kenalan baru. Kekurangan open trip : Bisa mengganggu mood karena bepergian dengan orang yang tidak kamu kenal.Harus mengikuti jadwal yang sudah pihak agen tentukan. sehingga harus benar-benar jeli bisa memilih pihak-pihak/travel yang melaksanakan open trip yang diikuti tersebut

Open trip ke Banyuwangi dari arah surabaya banyak ditawarkan oleh pihak Travel yang umumnya akan berangkat dari surabaya di malam hari dan perjalanan yang memakan waktu 5-7 jam tersebut akan sampai di Banyuwangi di pagi hari  , beberapa Tempat Wisata yang seringkali menjadi tempat destinasi Wisata ke Banyuwangi antara lain 


PANTAI PULAU MERAH


Pulau Merah atau Pulo Merah ( Red Island dalam Bahasa Inggris) adalah objek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Di pantai ini terdapat sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai.Bukit ini menjorok ke arah tengah laut. Pengunjung dapat berjalan kaki menuju bukit tersebut saat air laut surut.Pantai Pulau Merah menyuguhkan pemandangan yang sedap dipandang. Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan ombaknya yang tinggi. Cocok bagi wisatawan yang gemar berselancar. Tak heran banyak wisatawan mancanegara yang menjajal ombak di Pantai Pulau Merah.

 Di Pulau Merah terdapat Pura yang digunakan pemeluk agama Hindu melaksanakan ibadah ataupun upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Aktifitas Wisata yang Dapat Dinikmati di Pantai Pulau Merah

Berikut ini adalah hal - hal atau aktifitas yang bisa anda lakukan di destinasi wisata Pulau Merah :

1. Snorkeling

Meskipun tidak seperti karimun Jawa atau Pantai snorkeling lainnya, Pantai ini masih menyuguhkan wisata bawah laut yang cukup indah. Untuk merasakan pengalaman snorkeling di Pantai pulau merah ini Anda harus menyewa peralatan snorkeling dengan harga yang tidak terlalau mahal. Anda dapat melihat kehidupan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan laut pada kedalaan yang dangkal.

2. Pemandangan Pantai dan Bermain di pasir pantai 

Pantai pulau merah ini terhampar sepanjang 3 km, tentu saja Kita tidak akan bosan mengelilingi Pantai ini karena tidak cukup waktu sebentar untuk melakukannya. 
Pemandangan dipagi hari diwaktu terbit matari menyajikan pemandangan yang menawan dengan kesejukan hawa pantai dengan terpaan angin yang cukup kencang ditengah suara saling berkerjarannya ombak yang datang silih berganti .
Kedatangan di pagi hari yang langsung menuju ke pantai dan menikmati pemandangan dipagi hari dengan jalan2 dan jepret-jepret mengabadikan pemandangan yang indah tersebut  


Gambar 1 Gambar 2 Gambar 4 Gambar 4 Gambar 5 Gambar 6 Gambar 7 Gambar 8











Ombak yang mulai berdatangan dengan berjalannya waktu menuju terbitnya matahari cukup indah untuk dinikmati dan didengarkan . suara desiran ombak yang terbilang merupakan pantai yang berombak besar tersebut harus bisa diperhatikan dengan selalu berhati-hati 

Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4






Menikmati hamparan Pasir pantai putih yang lembut dengan duduk-duduk disana menikmati pemandagan dengan ditemani minum dan makan dipinggir pantai mengasyikan dan menambah keakrapan bagi keluarga yang melakukan makan bersama di pantai dengan menghamparkan tikar disana atau dengan menyewa tempat duduk yang juga disediakan disana 

Gambar 1

Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4 Gambar 5 Gambar 6 Gambar 7 Gambar 8

3. Berselancar

Selain Pantai plengkung ternyata Pantai Pulau Merah ini merupakan destinasi para peselancar saat berada di Kabupaten Banyuwangi. Pantai Pulau Merah ini bahkan pernah dijadikan tuan rumah kompetisi selancar internasional. Meskipun ombaknya tidak setinggi pulau Plengkung yang dapat mencapai 6 meter, ombak yang rata-rata setinggi 2-4 meter di Pantai ini dapat menjadi solusi bagi para wisatawan yang baru mencoba atau ingin belajar surfing karena ombaknya lebih bersahabat. 

4. Berkeliling di bukit pasir merah

Untuk dapat mencapai bukit ini, Anda harus menunggu air laut surut agar terbentuk daratan sebagai jalan menuju bukit. Waktu paling tepat untuk mengunjungi bukit adalah saat sore hari sekitar mulai jam 3 karena pada saat itu air laut mulai surut. Dari atas bukit dapat melihat hamparan laut biru secara lebih jelas dan  dapat menyaksikan indahnya cahaya langit senja bertemu dengan pantulan matahari terbenam di permukaan laut. Dalam perjalanan dari Pantai ke bukit kita dapat menemukan berbagai biota laut yang tertinggal air laut yang surut. Sangat disarankan untuk memakai alas kakai untuk menghindari menginjak kerang-kerang kecil dengan cangkang yang tajam yang dapat melukai kaki Anda.

5. Mengunjungi Pura

Dekat Pantai pulau merah ini terdapat sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu daerah ini. Orang-orang sekitar menamakan pura tersebut Pura Tawang Alun. Pura tersebut ternyata sudah dibangun sejak tahun 1980-an.

6. Wisata Kuliner

Ketika Anda memasuki kawasan Pantai pulau Merah Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan karena di Pantai ini Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Banyuwangi, mulai dari rujak soto, rujak bakso, rawon, dan berbagai sajian khas lainnya.

Lokasi Wisata disekitar Pulau Merah juga banyak dijumpai yang sebagaian besar merupakan deretan dari Pantai Merah namun berada ditempat lain dan dengan Nuansa pantai yang berbeda disekitarnya , misalnya  : Pantai Mustika  yang  berada di antara pantai pulau merah dan pantai wedi ireng. Pantai mustika memiliki pasir yang landai dan luas dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Mustika memiliki banyak tempat parkir mobil, bus dan sepeda motor karena merupakan start point bagi wisatawan yang ingin menuju Pantai Wedi Ireng


DJAWATAN BENCULUK BANYUWANGI 


Tujuan Wisata berikutnya dari Pantai Pulau Merah adalah Taman wisata yang menyuguhkan alam hutan yang dibawah pengelolaan Perhutani  , Perjalanan dari Pulau merah yang ditempuh kurang lebih 40 km dengan melewati Jl. Pancer ( Sumberagung , Pesanggrahan,) Jl. Sukomade , Jl. Suprobo , Jl. H. Ikhsan , Jl. Senoperojo, Jl. Sambirejo , Jl. Pesanggrahan , Jl. PB Sudirman , hingga ke desa Benculuk, kecamatan Cluring, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya cukup mudah ditemukan, karena Jawatan atau Jawatan Perhutani sudah populer bagi masyarakat sekitar. Untuk menuju kesana, rutenya  bisa mengacu pada peta Google, cukup ketik saja kata kunci “Jawatan Perhutani”, maka akan ketemu alamatnya, tinggal direct aja langsung ke peta Google.

Jawatan ini luasnya sekitar 3,8 hektar yang ditumbuhi pohon-pohon Trembesi yang berusia tua atau sudah ada sejak dahulu. Nama wisatanya adalah Jawatan Benculuk Banyuwangi, yakni wisata yang menyuguhkan alam hutan Trembesi yang rimbun dan rindang,

 


sehingga siapapun yang berada di hutan ini seakan-akan seperti tersesat atau berada di dunia lain karena memang suasana benar-benar berbeda dari suasana di hutan pada umumnya. di Jawatan Benculuk Banyuwangi tidak hanya dipenuhi pohon-pohon Trembesi, tetapi juga dapat menjumpai pohon Jati, Salak Liar, Pohon Kelengkeng, Tumbuhan Wesah, dan lain-lain. Pastinya rindangnya pepohonan tersebut semakin menambah rindang suasana.

Seperti halnya wisata Hutan Pinus Semeru Malang, wisata hutan Trembesi Banyuwangi ini juga dilengkapi payung warna-warni yang terpajang di langit-langit. Ini juga menjadi spot foto yang keren untuk selfie. Selain itu, disana juga ada wahana yang menantang dan memacu adrenalin, yaitu arung jeram dan tubing. Tentu ini semakin membuat kamu betah, apalagi bagi kamu yang hobi mencoba permainan ekstrim. 


AIR TERJUN JAGIR

Air Terjun Jagir  yang terletak di Dususn kampung Anyar , Desa taman suruh kecamatan Glagah Banyuwangi , Lokasi parkir yang berada di pinggir jalan memudahkan untuk memarkirkan kendaraan, tak jauh dari lokasi parkir  dapat langsung menuju loket tiket masuk. Di belakang tiket masuk,  akan memulai menuruni tangga yang cukup curam namun sudah tertata dengan baik. Di pinggiran tangga terdapat pegangan yang terbuat dari besi, selain itu dihiasi dengan pepohonan yang asri dan berwarna warni.


Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4

 Terdapat 3 aliran air terjun di tempat ini. Dua air terjun berdekatan dengan ketinggian sekitar 20 meter, sedangkan yang satunya berjarak sekitar 300 meter dengan ketinggian 40 meter. Karena itu, masyarakat setempat banyak yang menyebut tempat ini dengan air terjun three in one, air terjun kembar, air terjun saudara, sampai air terjun bidadari karena airnya yang jernih dan diibaratkan seperti pemandian bidadari.

Gambar 1

Gambar 2 Gambar 3 Gambar 4
Script

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar yang sekaligus sebagai Informasi dan Diskusi Kita , Bila Belum ada Jawaban Akan secepatnya ditindaklanjuti